Seruit… Makanan Khas Lampung

Posted: 25 Maret 2011 in ombozz

Provinsi Lampung memiliki potensi wisata yang cukup besar. Jika anda berkunjung ke provinsi ini, anda bisa beriwisata budaya di berbagai Kampung Tua di Sukau, Liwa, Kembahang, Batu Brak, Kenali, Ranau dan Krui di Lampung Barat. Selain berwisata budaya, anda pun bisa mengunjungi beragam festival yang ada di provinsi ini, seperti Festival Sekura di Lampung Barat yang biasanya diadakan seminggu setelah Idul Fitri, Festival Karakatau di kota Bandar Lampung, Festival Teluk Stabas di Lampung Barat dan Festival Way Kambas di Lampung Timur. Tentu anda tertarik bukan untuk menghadiri acara- acara budaya tersebut, maka mari datanglah berkunjung ke Indonesia, terutama ke provinsi Lampung.

Berwisata ke provinsi Lampung, akan terasa lebih menyenangkan, jika anda pun mencoba kuliner khas Lampung. Salah satu kuliner khas Lampung yang patut anda coba adalah Seruit. Seruit merupakan makanan yang terdiri dari ikan bakar atau goreng beserta lalapannya yang kemudian dicampur dengan sambal terasi, tempoyak atau mangga.

Tempoyak adalah makanan yang merupakan hasil fermentasi dari buah Durian. Dan Seruit akan terasa lebih nikmat, jika disantap bersama dengan nasi, ikan pindang kuning, dan serbat. Serbat adalah jus minuman yang terbuat dari buah mangga dan kiwi.

Aktivitas makan Seruit disebut juga dengan istilah Nyeruit, yang berarti kegiatan makan yang dilakukan bersama- sama. Oleh karena itu, untuk menikmati hidangan Seruit, akan terasa lebih nikmat jika dilakukan secara bersama, apalagi bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Bagi masyarakat Lampung, Seruit bukan hanya sekedar makanan, namun juga merupakan bagian tradisi dan kebudayaan Lampung karena makanan ini melambangkan kebersamaan diantara anggota keluarga masyarakat Lampung.

Rasa Seruit yang pedas, asem dan manis, akan membuat anda tak akan berhenti untuk terus mencicipi makanan ini hingga habis. Tentu anda yang tertarik untuk mencicipi Seruit, namun jenis makanan ini cukup sulit di temukan di rumah- rumah makan di Lampung karena Seruit lebih dikenal sebagai hidangan rumahan. Namun karena bahan- bahan yang dibutuhkan dan cara membuat makanan ini cukup mudah, anda bisa membuatnya di rumah dan menikmatinya bersama anggota keluarga anda.

Membuat Seruit bukanlah hal yang sulit, anda perlu menyiapkan ikan Patin, Mas, Baung atau jenis ikan lainnya yang telah digoreng atau dibakar, Sambal Terasi, Terong panggang, Isi Timun, Tempoyak, garam, air secukupnya, Lalapan rebus dan Lalapan mentah.

Lalapan rebus terdiri dari daun singkong, daun papaya, kangkung atau bayam yang telah direbus. Sedangkan lalapan mentah terdiri dari timun, Jengkol, daun Jambu mete muda, kacang panjang, wortel dan daun kemangi. Kemudian campur semua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata dan anda bisa langsung menikmati Seruit.

Komentar
  1. idogms mengatakan:

    Wew!!…. orang Lampung.

    Like it lah….

  2. novi rahayu mengatakan:

    ngilerrrr daahhhhhh……………………………….

  3. seruittt…bikin ngeces euy ^^

  4. amel mengatakan:

    hadeh.. laper.. pengen nyobain makan seruit.. >.<

    • rara mengatakan:

      iyah nih.. sama.. jadi penasaran banget makan seruit..
      apalagi aku termasuk yang suka banget makan sambel terasi…

  5. rara mengatakan:

    kemaren temen2ku lg pada ngobrolin soal lampung..
    rencana kita mo pergi kelampung liburan bulan ini.. :)
    selain seruit ada apa lagi ya?? :)

  6. Kiki Fang mengatakan:

    hmmm..lagi ujan2 gini, enak juga nih nyari seruit Lampung.
    eh tapi saya gak di Lampung,di luar Lampung gak ada restonya y?
    huhuhuhu

  7. irene mengatakan:

    kayak apa sie rasanya seruit …penasaran banget !!!

  8. atiek mengatakan:

    harus ke lampung nie makannya ????

  9. susan mengatakan:

    hidup tempoyakkk saya suka banget makan tempoyak

  10. Annie Tjia mengatakan:

    Sayangnya aku kurang suka ikan, meskipun ini menu harian bapak. Yah.. Namanya juga orang asli lampung, tiap hari ya ikaan terus.

    Filosofi yang baik dari nyeruit adalah asas persatuan dan kekeluargaannya. Bisa aja sekeluarga makan dari satu mangkok berisi seruit. Nyatu banget.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s